Sungai Ciletuh adalah salah satu diantara sekian banyak sungai yang mengalir di Sukabumi bagian selatan. Sungai Ciletuh ini membatasi wilayah Kecamatan Ciemas dengan Kecamatan Ciracap di sebelah timur, dan membatasi Keamatan Ciemas dengan Kecamatan Waluran di sebelah utara. Disamping itu sungai ini juga membatasi desa Tamanjaya dengan desa Cibenda serta desa Mekar Sakti dengan desa Mandrajaya.

Sebagai sebuah sungai yang cukup besar, sungai Ciletuh memiliki beberapa air terjun yang cukup menarik, warga setempat menyebutnya 'curug'. Beberapa air terjun yang ada di sepanjang aliran sungai Ciletuh ini sekarang menjadi lokasi wisata yang termasuk dalam kawasan Geopark Ciletuh. Air terjun yang ada di sungai Ciletuh ini yang cukup terkenal dan terletak di wilayah Kecamatan Ciemas adalah Curug Awang, Curug Tengah dan Curug Puncak Manik.

Curug Awang sendiri adalah air terjun pertama dari deretan tiga air terjun di sungai Ciletuh yang ada di desa Tamanjaya Kecamatan Ciemas. Dianjurkan untuk mengunjungi air terjun ini pada musim penghujan, karena pada musim penghujan inilah keistimewaan Curug Awang akan nampak. Keadaan air terjun di Curug Awang pada musim penghujan akan mirip seperti air terjun Niagara di Amerika, lebar dan penuh dari ujung ke ujung. Akan tetapi kita harus berhati-hati bila mengunjungi air terjun ini pada musim penghujan, karena arus sungai Ciletuh akan sangat deras dan berbahaya.

Curug Awang memiliki ketinggian sekitar empat puluh meter dengan lebar sekitar enam puluh meter. Pada musim kemarau dimana curah hujan kurang maka Curug Awang akan memiliki dua air terjun dengan air terjun utama di sebelah kanan dan air terjun kecil di sebelah kiri. Penduduk setempat menyebut air terjun yang kecil dengan sebutan Anak Curug Awang, sedangkan air terjun utama yang lebih besar dengan sebutan Curug Awang Indung.

Curug Awang tampak lebih indah bila dilihat dari kejauhan, terutama pada musim penghujan dimana keadaannya mirip air terjun Niagara. Bila dilihat dari dekat keindahan air terjun ini kurang begitu nampak. Curug Awang akan terlihat biasa saja dengan batu-batu besar berserakan dibawah air terjun. Batu-batu yang besarnya beberapa kali dari besar gajah dewasa ini berjatuhan karena derasnya arus sungai Ciletuh di musim hujan. Disamping faktor arus sungai, batu-batu ini juga berjatuhan karena faktor sedimentasi atau pelapukan batuan.

Berdasarkan hasil penelitian beberapa mahasiswa jurusan Geologi, batu-batu yang ada di curug Awang ini diklaim sebagai batu tertua yang ada di pulau Jawa. Untuk mengunjungi curug Awang sangatlah mudah. Pertama kali kita harus menuju desa Tamanjaya Kecamatan Ciemas, lalu melanjutkan perjalanan ke arah desa Ciwaru. Dalam perjalanan menuju curug Awang ini kita akan melewati salah satu obyek wisata Geopark Ciletuh lainnya yang tak kalah menarik, yaitu Panenjoan. Di Panenjoan ini kita akan di suguhi pemandangan yang sangat indah, yaitu hamparan Desa Mekar Sakti dan Desa Ciwaru. Tak ada salahnya bila kita singgah dulu disini, baik dalam perjalanan menuju atau pulang dari curug Awang.

Selepasnya dari Panenjoan dengan jarak kurang lebih tiga ratus meter kita akan melihat papan arah curug Awang di sebelah kiri jalan, ke situlah kita arahkan kendaraan kita untuk menuju curug Awang. Jalan menuju curug Awang ini adalah jalan yang masih berupa jalan berbatu yang cukup licin di kala musim penghujan. Kendaraan roda empat pun dapat melalui jalan ini, akan tetapi karena medan yang lumayan cukup berat akan lebih nyaman jika kendaraan yang digunakan untuk menembus ruas jalan menuju curug Awang ini adalah kendaraan jenis offroad. Baik kendaraan roda empat ataupun roda dua.

Pada waktu lalu, Curug Awang adalah air terjun yang sangat indah dan sejuk karena terletak di tengah hutan yang subur. Akan tetapi sekarang kesejukan Curug Awang hanya tinggal cerita karena pembalakan liar yang terjadi sekitar tahun 1999 telah menghabiskan pohon-pohon di hutan ini.

Pin It

Logo SMPN 1 Ciemas

Struktur organisasi

Kepala sekolah

Drs. Aa Heryana

NIP. 196812011998021003
Kepala sekolah
Mamin Bunyamin

Mamin Bunyamin

Ketua Komite
Supono, S.Pd

Supono,S.Pd

NIP. 196207311984031001
Wakil Kepala Sekolah
Suharjo,S.Pd

Suharjo, S.Pd

NIP. 196107091993121001
Kaur Tata Usaha