Biodiversity adalah keanekaragaman hayati, biologi atau makhluk hidup yang ada disuatu daerah atau kawasan, meliputi jenis-jenis tumbuhan dan jenis-jenis binatang yang ada dikawasan tersebut. Keanekaragaman hayati atau biodiversitas (Bahasa Inggris: biodiversity) adalah suatu istilah pembahasan yang mencakup semua bentuk kehidupan, yang secara ilmiah dapat dikelompokkan menurut skala organisasi biologisnya.

Keanekaragaman hayati (Biodiversiti) diberbagai daerah di Indonesia tidak merata, melainkan sangat bervariasi. Faktor-faktor yang mempengaruhi keanekaragaman makhluk hidup yang ada di suatu daerah adalah suhu, curah hujan, ketinggian tempat, geografi tanah, serta unsur-unsur kimiawi yang terlarut dalam komponten abiotik serta kehadiran spesies lainnya.

Berbagai manfaat yang diberikan oleh keanekaragaman hayati terhadap kehidupan manusia di bumi adalah kurang lebih sebagai berikut:

  • Kebutuhan sebagai sumber makanan dalam bidang pertanian, peternakan, ikan dan makanan laut,
  • Kesehatan dan penelitian biomedis: tanaman atau hewan yang dikembangkan menjadi obat-obatan untuk menjaga kesehatan manusia atau untuk mengobati dan menyembuhkan penyakit,
  • Kebutuhan industri: keanekaragaman hayati yang digunakan untuk bahan baku tekstil, bahan bangunan, kosmetik, dll
  • Esterika, Pariwisata dan rekreasi: hutan, taman, ekowisata.

Indonesia adalah satu satu negara megabiodiversiti dari 12 negara megabiodiversiti yang mengandung sekitar 75% keanekaragaman hayati bumi, yakni Brazil, Kolombia, Ekuador, Peru, Meksiko, Republik Demokratik Kongo, Madagaskar, Cina, India, Australia dan Malaysia. Oleh karena itu, Indonesia mempunyai tanggung jawab khusus untuk mengkonservasi, melestarikan dan mengelola keanekaragaman hayati yang menjadi kekayaan alam Indonesia.

Penanganan, pengembangan dan proteksi terhadap biodiversity pada suatu kawasan, contohnya seperti Geopark Ciletuh Palabuhanratu, hendaknya dilakukan dengan mengacu kepada sebuah flat form bersama. Dalam pelaksanaannya, disesuaikan dengan pemahaman budaya setempat melalui program kemitraan yang seimbang dan berkesinambungan. Hanya dengan cara ini biodiversity sebuah kawasan akan tetap sehat dan terjaga kelestariannya serta akan memberikan manfaat dalam meningkatkan perekonomian masyarakat yang ada di kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu.

Karena itu, yang perlu dilakukan oleh masyarakat di kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu adalah;

  • sebisa mungkin mempertahankan keanekaragaman hayati secara alami, dengan apa adanya,
  • pembangunan berbagai fasilitas bangunan baik perumahan, perkantoran maupun keperluan lainnya hendaknya dilakukan di lokasi yang tandus, termasuk lahan yang digunakan untuk lahan pertanian, perkebunan, peternakan, olahraga, dan sebagainya,
  • membuat system penanganan dan pengolahan berbagai jenis sampah secara sistematis dan berkelanjutan, sehingga tidak merusak unsur geologi dan hayati yang ada di kawasan Geopark Ciletuh Plabuhanratu.

 

Source: Yamewa

Pin It

Logo SMPN 1 Ciemas

Struktur organisasi

Kepala sekolah

Drs. Aa Heryana

NIP. 196812011998021003
Kepala sekolah
Mamin Bunyamin

Mamin Bunyamin

Ketua Komite
Supono, S.Pd

Supono,S.Pd

NIP. 196207311984031001
Wakil Kepala Sekolah
Suharjo,S.Pd

Suharjo, S.Pd

NIP. 196107091993121001
Kaur Tata Usaha

Artikel lainnya

  • Biodiversity

    Biodiversity adalah keanekaragaman hayati, biologi atau makhluk hidup yang ada disuatu daerah atau...

  • Cultural diversity

    Cultural diversity atau keanekaragaman budaya dapat diartikan sebagai keanekaragaman ciri atau...

  • Curug Awang

    Sungai Ciletuh adalah salah satu diantara sekian banyak sungai yang mengalir di Sukabumi bagian...

  • Geodiversity

    Geodiversity adalah gambaran dari keanekaragaman komponen geologi yang terdapat di suatu daerah,...

  • Panenjoan

    Panenjoan adalah sebuah tempat wisata yang ada di desa Tamanjaya Kecamatan Ciemas yang termasuk...