Dengan pertimbangan dalam rangka mewujudkan bangsa yang berbudaya melalui penguatan nilai-nilai religius, jujur, toleran, disiplin, bekerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan bertanggung jawab, pemerintah memandang perlu penguatan pendidikan karakter.

Malang (ANTARA News) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy berencana mengubah tugas setiap kepala sekolah menjadi lebih fokus untuk memajukan sekolah, dan tidak dibuat sebagai pekerjaan sampingan. "Selama ini, jabatan kepala sekolah banyak dijadikan sebagai sampingan, dan tugas utamanya adalah mengajar," kata Muhadjir di Malang, Jawa Timur, Sabtu.

Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menegaskan bahwa pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tidak ada rencana membuat program sekolah satu hari penuh atau "full day school". "Saya tegaskan saya tidak punya niat, Kemdikbud tidak ada rencana untuk program full day school," kata Muhadjir saat menyampaikan pidato pada lokakarya guru di Labschool Jakarta.

Wamendikbud Bidang Pendidikan Musliar Kasim mengatakan bahwa kurikulum 2013, mulai Juli 2013 akan diberlakukan secara nasional karena kurikulum yang sebelumnya cukup memberatkan siswa. "Kurikulum 2006 yang berlaku hingga saat ini, banyak mata pelajaran yang memberatkan siswa, seperti kelas 1 SD yang dianggap semua siswanya sudah bisa menulis dan membaca," ujarnya.

Pola asuh anak di dalam rumah tangga menentukan kualitas anak. Agar anak memiliki kepercayaan diri yang bertanggung jawab, orang tua dihimbau untuk tidak terlalu otoriter, dan tidak juga terlalu memanjakan. “Orang tua itu harus demokratis, anak bisa mengemukakan keinginannya, tapi tidak terlalu bebas,” demikian ungkap pakar pendidikan Arief Rahman, di Hotel Sultan Jakarta.

Banyak diantara kita yang belum mengetahui tentang tanaman obat yang satu ini. Binahong adalah sejenis tanaman merambat yang biasa ditanam dihalaman-halaman rumah yang ternyata memiliki khasiat yang sangat besar untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Beberapa lembar daun ini dikunyah hingga halus atau dimasak dengan segelas air dan diminum beserta ampasnya atau lebih mudah di jus atau diblender.

Sarjana tamatan universitas di Inggris mendapat tawaran bea siswa khusus sebesar £20.000 atau sekitar Rp300 juta jika bersedia dilatih sebagai guru komputer. Menteri Pendidikan, Michael Gove, mengatakan bahwa pelatihan guru untuk Teknologi Informasi dan Komunikasi, ICT, yang sekarang akan dihentikan tahun depan. Sebagai gantinya adalah sebuah sistem yang akan dirancang dengan bantuan Facebook, Microsoft, dan IBM.

ANTARA News - Anggota Komisi X DPR Herlini Amran menilai penerapan pendidikan karakter di Indonesia termasuk di Provinsi Kepulauan Riau belum berhasil karena masih banyak ditemukan kasus yang berhubungan dengan kenakalan remaja. "Pendidikan karakter secara umum belum berhasil membentuk bangsa yang bermartabat dan berwibawa. Kasus kekerasan terhadap anak dan maraknya kenakalan remaja menjadi indikator gagalnya pendidikan karakter tersebut," kata Herlini.

Liputan6.com: Tidak sedikit anak stres jika menghadapi ulangan, tes, atau ujian di sekolah. Supaya anak tak mengalami stres berlebihan, peran orang tua sangat dibutuhkan. Anak akan makin stres jika orang tua memberikan target tertentu yang di luar batas kemampuan sang buah hati. Stres merupakan kondisi psikis yang disebabkan berbagai perasaan negatif seperti rasa takut, khawatir, cemas, tertekan, serta tak aman.

Nabi SAW menjelaskan melalui Ali ra. bahwa ketika perang Ahzab, dikatakan oleh beliau,” Kami dibuat lalai (oleh musuh) dari shalat wustha, yaitu shalat ‘ashar. Semoga Allah memenuhi rumah – rumah dan kuburan mereka dengan api neraka.” (HR. Muslim, I/205, 437 dan 627). Dari hadits itu, dapat kita ketahui bahwa shalat yang memiliki kata lain sebagai shalat wustha adalah shalat ‘ashar. Mengapa Allah ta’ala memberikan tempat terkhusus dalam kitab-Nya yang menjelaskan tentang keharusan bagi hamba-Nya agar memelihara atau menjaga shalat ‘ashar…?

SEMUA surat dalam al-Qur’an adalah agung dan mulia. Demikian juga seluruh ayat dan kandungnya. Namun, Allah Swt. dengan kehendakNya menjadikan sebagian surat dan ayat lebih agung dari yang lain. Dan ayat kursi, dalam surat Al-Baqarah di ayat 255 adalah diantara ayat yang paling agung. Dalam sebuah hadits, Rasulullah Shallallahualaihi wa sallam bersabda, “Apabila engkau mendatangi tempat tidur (di malam hari), bacalah Ayat Kursi, niscaya Allah akan senantiasa menjagamu dan setan tidak akan mendekatimu hingga waktu pagi,” (HR. Al-Bukhari).

WAKTU shubuh, biasanya waktu yang memalaskan bagi seseorang untuk keluar dari rumah. Padahal, bagi seorang lelaki, shalat shubuh di masjid lebih utama baginya. Ada banyak pahala yang akan ia raih. Bahkan, langkah kakinya yang digunakan untuk menuju masjid, akan menggugurkan dosa-dosanya. Tahukan Anda, selain kenikmatan yang telah disebutkan tersbut, ada juga alasan lain yang mengharuskan lelaki shalat shubuh di masjid. Apa sajakah itu?

Halaman 1 dari 2

Logo SMPN 1 Ciemas

Struktur organisasi

Kepala sekolah

Drs. Aa Heryana

NIP. 196812011998021003
Kepala sekolah
Mamin Bunyamin

Mamin Bunyamin

Ketua Komite
Supono, S.Pd

Supono,S.Pd

NIP. 196207311984031001
Wakil Kepala Sekolah
Suharjo,S.Pd

Suharjo, S.Pd

NIP. 196107091993121001
Kaur Tata Usaha

Artikel lainnya