Rencana kunjungan SMPN 1 Ciemas ke obyek-obyek wisata yang ada di Geopark Ciletuh ini adalah sebagai upaya sosialisasi Geopark ke seluruh peserta didik SMPN 1 Ciemas Kabupaten Sukabumi. Disamping itu juga merupakan salah satu bentuk dukungan terhadap program pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk menjadikan Geopark Ciletuh Palabuhanratu ini sebagai bagian dari Global Geopark Network UNESCO (GGN UNESCO).

Sebagaimana kita ketahui, Geopark Ciletuh ini sudah diakui UNESCO sebagai Geopark Nasional Indonesia, dan saat ini sedang diperjuangkan untuk menjadi Geopark Internasional berdampingan dengan geopark negara lain. Saat ini geopark yang sudah diakui oleh UNESCO sebagai geopark internasional paling banyak ada di negara China.

Sesuai dengan rencana, SMPN 1 Ciemas akan melaksanakan kunjungan Geopark pada hari Kamis tanggal 02 Maret 2017 dengan menggunakan empat buah kendaraan bak terbuka dan beberapa kendaraan roda dua. Rombongan terlebih dahulu mengunjungi curug Sodong yang terletak dikampung Cikanteh desa Ciwaru. Berturut-turut setelah itu obyek geopark yang dikunjungi adalah Puncak Darma, Curug Cimarinjung dan terakhir adalah pantai Palangpang.

Curug Sodong

Obyek wisata geopark yang satu ini terletak di kampung Cikanteh desa Ciwaru. Untuk mencapai lokasi curug Sodong terlebih dahulu kita harus menemukan kantor desa Ciwaru, karena jalan masuk menuju curug Sodong ini ada disamping kantor desa tersebut.

Dilokasi ini kita akan menjumpai empat buah air terjun, tiga diantaranya terletak pada satu aliran sungai yang sama dan satu air terjun terpisah pada aliran sungai yang lain. Kedua aliran sungai ini kemudian bertemu di bagian hilir yang kemudian dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk mengairi persawahan dan bercocok tanam.

Ketiga air terjun yang terletak pada aliran sungai yang sama dari atas ke bawah adalah curug Ngelai, curug Karet dan paling bawah adalah curug Sodong. Dan disebelah timur dengan jarak kira-kira 30 menit berjalan kaki adalah curug Cikanteh yeng terletak pada aliran sungai yang berbeda dari ketiga air terjun ini.

Air terjun yang pertama oleh warga dinamakan curug Ngelai karena aliran airnya kecil dan tinggi, seperti lidah ular yang menjulur panjang kebawah. Sedangkan curug Cikaret diberi nama demikian karena disekitar air terjun ini banyak tumbuh pohon karet. Dan air terjun yang paling bawah diberi nama curug Sodong karena dibelakang air terjun ini ada ceruk atau rongga yang dalam bahasa sunda disebut sedong.

Menurut informasi warga disekitar lokasi air terjun dipercaya bahwa curug Cikanteh adalah kawasan yang cukup angker, sehingga air terjun ini jarang dikunjungi setelah matahari tenggelam. Didinding air terjun ini ada batu yang berbentuk seperti jendela yang tertutup, sehingga disebut juga batu jendela. Menurut warga pada hari-hari tertentu akan terdengar suara-suara aneh disekitar batu jendela tersebut.

Puncak Darma

Pada mulanya obyek wisata geopark Ciletuh yang satu ini bernama Pasir Muncang, karena dulunya ditempat ini banyak tumbuh pohon kemiri yang sering digunakan penduduk sebagai bumbu masak. Dalam bahasa sunda dataran tinggi disebut pasir dan muncang berarti kemiri.

Nama Puncak Darma mulai populer pada tahun 2004 dan dipopulerkan oleh alm. H. Opan Sopandi pimpinan CV. Darma Guna. Diberi nama Puncak Darma karena jalan tembus dari Girimukti ke Cimarinjung dikerjakan oleh perusahaan tersebut.

Untuk mencapai obyek wisata geopark Ciletuh ini dapat melalui desa Girimukti atau melalui kampung Cimarinjung.

Dikampung Cimarinjung juga ada sebuah air terjun yang cukup menarik bernama air terjun Cimarinjung.

Pantai Palangpang

Pantai Palangpang adalah sebuah pantai yang terletak di teluk Ciletuh, dipantai inilah bermuara sungai Ciletuh disebelah selatan dan sungai Cimarinjung disebelah utara. Dipantai ini juga ada dua buah pulau yang bernama pulau Mandra disebelah utara dan pulau Kunti disebelah selatan.

Pantai ini memiliki hamparan yang sangat luas dan menjadi dasar dari mega amfiteater Ciletuh yang terbentuk karena struktur geologi yang terbentuk pada masa Miosen Atas.

Pin It

Logo SMPN 1 Ciemas

Struktur organisasi

Kepala sekolah

Drs. Aa Heryana

NIP. 196812011998021003
Kepala sekolah
Mamin Bunyamin

Mamin Bunyamin

Ketua Komite
Supono, S.Pd

Supono,S.Pd

NIP. 196207311984031001
Wakil Kepala Sekolah
Suharjo,S.Pd

Suharjo, S.Pd

NIP. 196107091993121001
Kaur Tata Usaha

Artikel lainnya