Kelulusan peserta didik kelas 9 SMP Negeri 1 Ciemas tahun pelajaran 2012-2013 diumumkan pada hari yang telah disepakati bersama dalam Musyawarah Kerja Kepala Sekolah Komisariat Jampangkulon, yaitu pada hari Sabtu tanggal 01 Juni 2013 pukul 16.00. Sengaja pengumuman tersebut dilaksanakan pada sore hari dengan tujuan untuk meminimalkan ekspresi kegembiraan yang berlebihan dari peserta didik yang dinyatakan lulus.

Sudah menjadi kebiasaan hampir disemua sekolah lanjutan bahwa setelah pengumuman pelulusan para peserta didik yang telah lulus mengekspresikan kegembiraan mereka dengan cara konvoi kendaraan dan aksi corat-coret pakaian seragam. Hal semacam itulah yang ingin dihindarkan oleh SMPN 1 Ciemas, sehingga pengumuman pelulusan tersebut dilaksanakan pada sore hari.

Selain itu, orang tua atau wali peserta didik kelas 9 diundang untuk hadir pada acara pengumuman tersebut. Hal ini dimaksudkan agar setelah pelulusan diumumkan, setiap orang tua atau wali peserta didik dapat mengajak putra putri mereka segera pulang ke rumah. Dengan demikian peserta didik tidak memiliki kesempatan untuk melakukan aksi konvoi kendaraan maupun aksi corat-coret yang di khawatirkan dapat mengganggu ketertiban dan keamanan.” Drs. Tatang Hendarsah, M.Si selaku Wakil Kepala Sekolah Urusan Kurikulum menjelaskan.

Acara pengumuman pelulusan diawali dengan beberapa sambutan yang pertama kali disampaikan oleh Wakasek Kurikulum yang sekaligus menjadi Sekretaris Panitia Ujian SMPN 1 Ciemas yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan yang disampaikan oleh Bp. Mamin Bunyamin sebagai Ketua Komite SMPN 1 Ciemas.

Dalam sambutannya, Ketua Komite SMPN 1 Ciemas mengatakan bahwa pada hari Sabtu ini segala upaya yang dilakukan baik oleh peserta didik kelas 9 SMPN 1 Ciemas maupun upaya seluruh tenaga pengajar selama tiga tahun akan muncul hasilnya. Upaya tersebut akan dikatakan berhasil apabila peserta didik dinyatakan lulus dari sekolah ini. Dan keberhasilan tersebut akan dikatakan tertunda apabila ternyata peserta didik belum lulus dari SMPN 1 Ciemas pada tahun ajaran ini. Bagi peserta didik yang keberhasilannya tertunda, sesuai dengan program pemerintah disediakan dua pilihan, yaitu mengikuti ujian Paket B atau mengikuti Ujian Nasional pada tahun ajaran yang akan datang.

Setelah sambutan-sambutan selesai, acara kemudian dilanjutkan dengan beberapa permainan yang bertujuan untuk melepas ketegangan peserta didik kelas 9 SMPN 1 Ciemas. Pada menit-menit mendekati pukul 16.00, secara bergantian tenaga pengajar SMPN 1 Ciemas menyampaikan beberapa pesan dan nasehat kepada seluruh peserta didik kelas 9 dan juga kepada orang tua dan wali. Salah satunya adalah pesan yang disampaikan oleh Bp. Agus Supriono, S.Pd. Kepada peserta didik kelas 9 yang dinyatakan lulus beliau berpesan agar melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Dan kepada para orang tua maupun wali peserta didik kelas 9 Bp. Agus Supriono, S.Pd mengharapkan agar orang tua dapat mengupayakan pendidikan putra-putrinya kejenjang selanjutnya. Karena memang pada kenyataannya, tingkat kesadaran pendidikan didaerah-daerah masih rendah. Orang tua lebih cenderung untuk mengarahkan anak-anaknya pada dunia kerja, sementara peserta didik yang berjenis kelamin perempuan lebih cenderung untuk dinikahkan.

Tiba pada waktunya, pengumuman disampaikan melalui surat pada sebuah amplop yang tertutup. Dan dengan diawali ucapan Basmallah bersama-sama, amplop pun dibuka oleh seluruh peserta didik kelas 9 dengan wajah tegang dan perasaan yang tidak menentu.

Setelah amplop terbuka dan pengumuman dibaca, suasana tiba-tiba berubah menjadi tidak menentu. Sebagian besar peserta didik kelas 9 terutama peserta didik yang perempuan menjerit histeris dan menangis gembira karena telah lulus. Bersama-sama dengan gurunya, seluruh peserta didik kelas 9 SMPN 1 Ciemas berterima kasih kepada Allah SWT dan bersyukur karena seluruh peserta didik kelas 9 SMPN 1 Ciemas tahun pelajaran 2012-2013 dinyatakan LULUS.

Selamat jalan anak-anakku, janganlah larut dalam kegembiraanmu... karena semua ini barulah awal perjalananmu. Didepan sana masih banyak cobaan dan rintangan yang harus kau hadapi untuk menggapai cita-cita dan kebahagiaanmu. Kami segenap guru-gurumu hanya dapat mendoakan, semoga kau berhasil menggapai cita-cita dan keinginanmu. Sekali lagi... selamat, jangan lupa panjatkan doamu kepada-Nya. Mintalah pertolongan dan lindungan-Nya, karena hanya Dia-lah yang dapat membantumu dalam mencapai semua impianmu.

Pin It

Logo SMPN 1 Ciemas

Struktur organisasi

Kepala sekolah

Drs. Aa Heryana

NIP. 196812011998021003
Kepala sekolah
Mamin Bunyamin

Mamin Bunyamin

Ketua Komite
Supono, S.Pd

Supono,S.Pd

NIP. 196207311984031001
Wakil Kepala Sekolah
Suharjo,S.Pd

Suharjo, S.Pd

NIP. 196107091993121001
Kaur Tata Usaha

Artikel lainnya