Waktu itu kepala sekolah dan guru-guru mengajak murid SMPN 1 Ciemas untuk berlibur, tepatnya pada tanggal 02 Maret 2017 dengan tujuan Geopark Ciletuh. Sebelum berangkat guru-guru menjelaskan apa itu Geopark dan apa tujuan kami jalan-jalan ke sana. Kira-kira pukul 08.00 kami semua berangkat dengan menggunakan truk bak terbuka, rombongan kelas saya bergabung dengan kelas 8b dalam kendaraan yang sama.

Begitu sampai tujuan saya senang sekali, tujuan kami yang pertama adalah Curug Sodong. Setelah berfoto-foto di Curug Sodong kami semua berkumpuluntuk mendengarkan penjelasan tentang Curug Sodong dari guide yang ada di sana.

Sejarah Curug Sodong

Orang luar mengenal Curug Sodong dengan sebutan lain. Ada yang menamai air terjun ini dengan nama Curug Kembar karena mempunyai dua aliran air yang sama persis seperti kembar. Ada juga yang menamai air terjun ini dengan nama Curug Panganten karena ada sepasang kekasih yang tewas tenggelam di situ. Tapi nama sebetulnya adalah Curug Sodong karena memiliki cekungan seperti gua. Diatas Curug Sodong ada Curug Ngelay, jaraknya dari Curug Sodong sekitar 170m dan ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 15 menit. Dinamakan Curug Ngelay karena air terjun itu sangat tinggi.

Selepas dari Curug Sodong kami semua berangkat untuk mengunjungi Puncak Darma. Diperjalanan menuju Puncak Darma saya tidak sabar untuk melihat keindahannya. Kami tidak langsung mendaki ke Puncak Darma, tapi istirahat dulu sambil makan siang ditempat yang teduh.

Setelah makan kami berangkat menuju puncak. Diperjalanan saya dan teman-teman tidak kuat berjalan karena perjalanannya yang sangat menanjak, tapi saya paksakan untuk sampai kesana. Seringkali saya berhenti ditempat yang teduh untuk istirahat, setelah dirasa kuat sayapun berjalan lagi dengan keadaan yang lemas. Ditengah jalan saya bertemu penjual es krim dan karena haus saya dan teman-teman beli es krim. Setelah itu saya jadi bersemangat lagi, saya langsung lari walaupun ditanjakan tinggi.

Sering, sering dan sering saya berhenti akhirnya sampai juga di Puncak Darma. Disana saya melihat pantai Palangpang yang indah, dan saya juga membaca sejarah Puncak Darma.

Sejarah Puncak Darma

Dahulunya Puncak Darma adalah hutan kemiri yang lebat. Karena keindahannya hutan tersebut kemudian digunduli oleh seorang haji bernama haji Darma untuk kemudian dijadikan tempat wisata dan dinamakan Puncak Darma. Tapi sejarah lain mengatakan, tempat itu dinamakan Puncak darma karena ada seorang kakek-kakek yang jatuh dari puncak ke pantai Palangpang. Orang itu bernama Aki Darma sehingga tempat itu dinamakan Puncak Darma.

Setelah itu saya pulang dari Puncak Darma dengan menuruni jalan menurun yang lumayan curam sampai-sampai kaki saya sakit. Setelah sampai ketempat parkir mobil semuanya langsung pergi ke Curug Cimarinjung yang lokasinya dekat dengan tempat parkir, berjalan kaki hanya butuh waktu 10 menit saja.

Setelah dari Curug Cimarinjung kami semua menuju pantai Palangpang. Dipantai Palangpang saya hanya diam saja dikendaraan karena cape. Kami kemudian pulang menuju sekolah kira-kira pukul 15.00, walaupun lelah tapi kami senang bisa jalan-jalanke Geopark bersama teman-teman dan guru.

Pin It

Logo SMPN 1 Ciemas

Struktur organisasi

Kepala sekolah

Drs. Aa Heryana

NIP. 196812011998021003
Kepala sekolah
Mamin Bunyamin

Mamin Bunyamin

Ketua Komite
Supono, S.Pd

Supono,S.Pd

NIP. 196207311984031001
Wakil Kepala Sekolah
Suharjo,S.Pd

Suharjo, S.Pd

NIP. 196107091993121001
Kaur Tata Usaha

Artikel lainnya